Pendaftaran POLMAN Bandung 2024/2025

Pendaftaran POLMAN Bandung 2024, Politeknik Manufaktur Negeri Bandung (POLMAN Bandung) 2024, Informasi Pendaftaran Online Politeknik Manufaktur Negeri Bandung (POLMAN Bandung), Jalur Masuk Politeknik Manufaktur Negeri Bandung (POLMAN Bandung) , Jalur PMDK Akademik, Jalur SMB / Jalur Ujian Tertulis, Jalur PMDK Bidikmisi, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru POLMAN Bandung, SPMB Politeknik Manufaktur Negeri Bandung (POLMAN Bandung).

Kali ini admin akan memberikan informasi mengenai Pendaftaran POLMAN Bandung 2024/2025, dengan adanya informasi yang admin berikan ini semoga dapat membantu anda dalam melakukan Pendaftara di POLMAN Bandung nantinya. Untuk informasi lebih jelanya dapat anda simak pembahasan berikut ini.

http://pmbpt.blogspot.co.id/

Sedikit mengetahui POLMAN Bandung

Politeknik Manufaktur Negeri Bandung (POLMAN) adalah Politeknik Negeri pertama di Indonesia yang dahulu bernama Politeknik Mekanik Swiss (PMS-ITB). POLMAN Bandung berdiri sejak tahun 1976 merupakan hasil kerjasama bilateral antara pemerintah RI dan pemerintah Konfederasi Swiss, yang dalam pelaksanaannya Pemerintah Indonesia diwakili oleh ITB dan Swisscontact mewakili Pemerintah Swiss yang berakhir pada tahun 1995.

Politeknik Manufaktur Negeri Bandung (POLMAN Bandung) berlokasi di Jl. Kanayakan No.21, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40135. Pada saat ini POLMAN memiliki 4 (empat) Program Studi untuk Program Ahli Madya dengan 8 (delapan) konsentrasi keahlian. dan 1 (satu) Program Studi untuk Program Sarjana Sains Terapan dengan 4 (empat) konsentrasi keahlian.

Untuk anda yang ingin melakukan pendaftaran di POLMAN Bandung, ada baiknya anda dapat mengetahui terlebih dahulu mengenai Jurusan dan Program Studi yang akan anda pilih nantinya sesuai keinginan anda.

Baca : Jurusan dan Program Studi di POLMAN Bandung

Setelah anda memilih Jurusan dan Program Studi yang ada di Politeknik Manufaktur Negeri Bandung (POLMAN Bandung). Mungkin ada salah satu yang anda inginkan. Untuk itu. silahkan anda mendaftarkan diri anda agar bisa  menjadi mahasiswa di Politeknik Manufaktur Negeri Bandung (POLMAN Bandung).

Untuk mengetahui informasi jalur yang ada di Politeknik Manufaktur Negeri Bandung (POLMAN Bandung). Simak informasi berikut ini :

1. Pendaftaran Jalur PMDK-PN POLMAN Bandung 

PMDK-PN atau Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru yang ingin masuk ke Politeknik Negeri se-Indonesia. Seleksi jalur PMDK-PN didasarkan pada nilai raport dan prestasi siswa selama mengikuti pendidikan di SMA / SMK atau sederajat lainnya.

Cara Pendaftaran Online PMDK-PN  :

Untuk mengikuti seleksi jalur PMDK-PN, siswa-siswi yang mendaftar harus memenuhi  persyaratan sebagai berikut:
  • Siswa-siswi yang mendaftar harus direkomendasikan terlebih dahulu oleh pihak sekolah. Sekolah yang akan memberikan rekomendasi untuk siswanya, maka harus mengisi data pada menu "Sekolah". Untuk login sekolah, maka bisa login menggunakan username dan password Sekolah. Username dan Password terdapat pada lembar undangan yang telah dikirimkan panitia PMDK-PN ke masing masing sekolah.
  • Siswa-siswi yang mendaftar harus melakukan pengisian data. Untuk siswa-siswi yang telah mendapatkan rekomendasi dari pihak sekolah, silahkan login untuk mengisi data diri dengan klik menu "Siswa/siswi". Untuk login siswa, maka bisa login menggunakan username dan password siswa yang telah diberikan oleh pihak sekolah.

Cara Pendaftaran PMDK-PN Oleh Siswa adalah sebagai berikut:
  • Anda dapat mendaftar PMDK-PN di https://pmdk.politeknik.or.id/daftar/siswa
  • Kemudian anda login menggunakan username dan password anda yang telah diperoleh dari sekolah
  • Kemudian anda dapat mengisi data diri anda dengan lengkap dan benar.
  • Kalau sudah selesai, kemudian cetaklah kartu tanda peserta PMDK-PN sebagai tanda bukti pendaftaran online.

Untuk biaya pendaftaran PMDK-PN, Peserta tidak perlu mengeluarkan biaya, karena sudak di tanggung oleh pemerintah sehingga peserta tidak perlu mengeluarkan biaya pendaftaran lagi. Hal ini sedikit meringankan biaya bagi peserta yang kurang mampu (miskin).

Untuk anda yang ingin mengetahui informasi lebih lengkap mengenai tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, kriteria penerimaan, tahapan seleksi, jadwal pelaksanaan, dapat anda baca pada artikel yang berjudul Pendaftaran PMDK-PN

2. Pendaftaran Jalur UMPN (Reguler) POLMAN Bandung 

UMPN atau Ujian Masuk Politeknik Negeri merupakan jalur ujian mandiri yang diselenggarkan oleh panitia, dalam hal ini adalah POLMAN Bandung. Tujuannya adalah untuk memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan di POLMAN Bandung.

Tata Cara Pendaftaran Onlini Jalur UMPN (Reguler)
  • Anda dapat mengakses alamat website http://pmb.polman-bandung.ac.id
  • Jika Anda belum mempunyai Username dan Password, klik menu Daftar Baru.
  • Bacalah peraturan yang tertera pada Form Registrasi tersebut. Daftarkan diri Anda dengan memasukkan Nama Lengkap, Tanggal Lahir, Email, Username dan Password. Pihak UMPN Politeknik Manufaktur Negeri Bandung akan mengirimkan email aktivasi kepada Anda.
  • Anda akan menerima email aktivasi, berupa alamat untuk validasi akun. Klik URL yang diberikan untuk mengaktifkan akun Anda.
  • Login menggunakan username dan password yang telah dibuat. Jika username dan password berhasil, akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Lakukan klik pada menu AKTIVASI REGISTRASI. Aktivasi Registrasi Cetaklah TANDA BUKTI REGISTRASI tersebut dan bawalah ke Bank BNI untuk melakukan pembayaran ke bagian TELLER atau digunakan sebagai acuan pada saat melakukan pembayaran melalui ATM. Acuan pada saat transfer ke Bank BCA.
  • Setelah melakukan pembayaran, Jika pembayaran melalui Bank BNI maka diharuskan melakukan verifikasi pembayaran pada menu VERIFIKASI PEMBAYARAN. Dengan memasukkan PIN yang didapat dari Bank BNI. Jika melalui Transfer Bank BCA dengan menyertakan isi berita dengan no registrasi maka verifikasi pembayaran secara otomatis dilakukan aplikasi.
  • Untuk melanjutkan proses pendaftaran, lakukan LOGIN. Jika Verifikasi Pembayaran dinyatakan berhasil, maka pada tampilan aplikasi terdapat menu data pribadi.
  • Isilah data pribadi secara Lengkap dan Benar
  • Setelah melakukan pengisian Data Pribadi dengan lengkap, maka pada aplikasi akan muncul menu PENGAMBILAN PHOTO pilih salah satu cara pengambilan photo dengan cara upload photo atau photo langsung dengan webcam pada komputer anda.
    • Foto dalam format JPG dengan ukuran 3x4 cm dan besarnya file foto tidak lebih dari 1 Mb.
    • Dengan menekan tombol Submit Anda telah melakukan pengiriman data pendaftaran dan data yang telah dikirim tidak dapat diubah kembali.
  • Setelah melakukan Pengambilan Photo selesai, maka pada aplikasi akan muncul menu cetak kartu peserta. Kartu Tanda Pengenal Ujian Masuk tersebut harus di cetak berwarna dan diberi tandatangan untuk dibawa pada saat ujian Tahap 1 dan Tahap 2.
  • Proses Pendaftaran Online dinyatakan berhasil jika peserta telah mencetak kartu tanda pengenal ujian masuk

Cara Pembayaran di Bank BNI

Via Teller Bank BNI
  • Pastikan anda sudah mendaftar di http://pmb.polmanbandung.ac.id dan telah mempunyai Nomor Registrasi (Kartu Registrasi)
  • Bawalah dan tunjukkan ke teller TANDA BUKTI REGISTRASI yang telah Anda miliki (di cetak). Pembelian PIN PMB POLMAN Bandung yang mana kode SPC (Student Payment Center) 5
  • Melakukan pembayaran ke Teller Bank dengan nominal pembayaran sesuai dengan yang tertera pada anda bukti registrasi pin yang Anda terima (8 Karakter Kombinasi Huruf dan Angka) akan tercetak di bukti pembayaran dari bank BNI.
  • Selesai

Via ATM Bank BNI
  • Pastikan anda sudah mendaftar di http://pmb.polmanbandung.ac.id dan telah mempunyai Nomor Registrasi (Kartu Registrasi)
  • Pilih menu bahasa indonesia
  • Masukan PIN ATM Anda
  • Pilih menu lainnya
  • Pilih Menu Pembayaran cepat
  • Pilih Menu berikutnya
  • Pilih Menu Student Payment Center (SPC)
  • Pilih tekan jika benar
  • Pilih Jenis Rekening (Giro, Tabungan atau Kartu Kredit)
  • Ambilah Receipt/Bukti Bayar. Harap simpan Bukti tersebut dengan Bukti Pembayaran anda.
  • Selesai

3. Pendaftaran Jalur Bidikmisi POLMAN Bandung 

Bidikmisi adalah biaya bantuan pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu yang memiliki keinginan untuk melanjutkan ke Pergurunan Tinggi. Calon mahasiswa yang demikian mendapat kesempatan untuk mengikuti Program Bidikmisi.

Bagi anda yang ingin mengikuti jalur bidikmisi ini, anda dapat melakukan Pendaftaran dimulai dari sekolah yang merekomendasikan siswanya. Selanjutnya siswa melakukan pendaftaran melalui alamat website https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/

Untuk infomrasi lebih jelas mengenai Informasi bidikmisi milai dari persyaratan pendaftaran, tata cara, dan lainnya bisa anda baca pada artikel yang berjudul Pendaftaran Bidikmisi.

Bagi anda yang belum jelas mengenai Pendaftaran POLMAN Bandung ini, anda dapat mencari informasi lebih jelasnya dengan mengakses alamat website resmi yaitu http://www.polman-bandung.ac.id/

Demikianlah informasi yang dapat admin berikan. Semoga informasi tentang Pendaftaran POLMAN Bandung 2024/2025 yang telah admin berikan dapat memberikan kemudahan dalam proses pendaftaran. Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga anda lulus dan diterima di Politeknik yang anda inginkan selama ini. Sekian dari admin dan salam sukses.